Penelitian ini mengkaji terkait Kepemimpinan Transformasional Kepala Sekolah di SMP Negeri 1 Salomekko Kabupaten Bone. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan menyajikan data berupa kata-kata tertulis dan bersifat deskriptif . Metode pengumpulan data yang digunakan yaitu observasi, wawancara, dokumentasi dan analisis dokumen. Fokus penelitian ini adalah gambaran Kepemimpinan Transformasional Kepala Sekolah di SMP Negeri 1 Salomekko Kabupaten Bone. Sumber data pada penelitian ini adalah kepala sekolah, guru dan staf. Tujuan dari hasil penelitian ini untuk mengetahui bagaiamana komponen kepemimpinan transformasional yang telah dimiliki oleh kepala sekolah meliputi. (1) Idealized influence yang dimiliki kepala sekolah yaitu telah melibatkan seluruh warga sekolah dalam menyusun visi, misi, tujuan, dan program kerja sekolah, selalu mengadakan pertemuan rutin terkait dengan kendala yang dihadapi dalam program kerja sekolah. (2) Inspirational motivation yang dimiliki kepala sekolah dengan menggunakan gaya kepemimpinan sesuai situasi dan kondisi. suasana kerja yang harmonis, kekeluargaan, pemberian motivasi, semangat dan dorongan, serta adanya komitmen yang kuat dalam bekerja. (3) Intellectual stimulation yang dimiliki kepala sekolah yaitu menciptakan budaya kerja positif dan hubungan harmonis dengan cara pembentukan kombel (Komunitas belajar ) dengan lebih mendekatkan diri para guru sehingga tercipta keakraban dan kekeluargaan, serta saling bekerjasama. (4) Individualized consideration yang dimiliki kepala sekolah dimana kepala sekolah selalu menindaklanjuti apa yang dibutuhkan oleh guru, staf, seperti mengikuti MGMP internal maupun MGMP ekternal, selalu mengadakan workshop dan seminar dan motivasi melanjutkan pendidikan ke jenjang yang lebih tinggi. Serta pemberian reward atau penghargaan. Diketahui bahwa kepala sekolah di SMP Negeri 1 Salomekko telah menerapkan gaya kepemimpinan transformasional.
Copyrights © 2024