Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis peran kepemimpinan kepala sekolah dalam membangun budaya mutu di SMA N 1 Jepon Blora. Pendekatan kualitatif dengan metode studi kasus digunakan untuk menggali fenomena secara mendalam melalui wawancara, observasi, dan dokumentasi. Subjek penelitian meliputi kepala sekolah, dua wakil kepala sekolah, 15 guru, 25 siswa, komite sekolah, dan 19 orang tua. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kepemimpinan kepala sekolah memainkan peran strategis dalam menciptakan budaya mutu melalui pendekatan partisipatif dan kolaboratif. Kepala sekolah memfasilitasi pengembangan kurikulum, pembinaan kesiswaan, serta memperkuat komunikasi dengan orang tua dan masyarakat. Strategi monitoring dan evaluasi berbasis data diterapkan untuk memastikan keberlanjutan peningkatan mutu. Temuan ini memperkuat literatur sebelumnya bahwa kepemimpinan kepala sekolah yang efektif berperan sebagai agen perubahan yang mampu meningkatkan kualitas pendidikan secara holistik dan berkelanjutan.
Copyrights © 2024