Penelitian ini mempunyai tujuan untuk menganalisis pengaruh kedisiplinan dan kompetensi pegawai terhadap kualitas layanan klinik yang berimplikasi terhadap kepuasan pasien di klinik Ibnu sina Rapak Balikpapan. Sumber data pada penelitian ini didapat dari kuesioner (primer) yang disebar kepada responden. Populasi dari penelitian ini adalah semua pasien yang berobat di klinik Ibnu sina Balikpapan. Sampel penelitian berjumlah 100 orang. Metode analisis penelitian yang digunakan adalah uji validitas, uji reliabilitas, path analysis, uji t. Temuan penelitian menunjukkan bahwa Kedisiplinan dan kompetensi pegawai sangat mempengaruhi kualitas layanan. Faktor yang paling dominan berpengaruh adalah kompetensi pegawai dari penghitungan uji t. Berdasarkan Hasil Penelitian ini menunjukkan bahwa pengaruh kedisiplinan dan kompetensi pegawai terhadap kualitas layanan klinik berpengaruh positif terhadap kepuasan pasien di Klinik Ibnu Sina Rapak Balikpapan.
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2024