Jurnal Pengabdian Seni
Vol 5, No 1 (2024): MEI 2024

Pelatihan Fotografi dan Videografi dengan Metode Teman Sebaya di SMKN 1 Enam Lingkung, Padang Pariaman

Susanti, Indah (Unknown)



Article Info

Publish Date
18 Aug 2024

Abstract

Upaya untuk meningkatkan ruang kreativitas untuk peserta didik pada jurusan broadcasting danmultimedia sangat penting dilakukan karena berdampak langsung pada penguasaan di bidangfotografi dan videografi. Karena ttuntutan dunia industri yang menunggu SDM terampil dansiap kerja, penguasaan atau pemahaman di bidang fotografi dan videografi adalah hal yang sangatpenting. Kemampuan ini tidak terlepas dari bagaimana menata elemen visual. Penataan elemenvisual terkait masalah komposisi dan teknik fotografi. Kegiatan pengabdian bertemakanpelatihan fotografi dan videografi ini menekankan pada penataan komposisi foto dan videomelalui pembelajaran teman sebaya atau peer teaching dengan medium telepon genggam.Pengabdian ini bertujuan untuk menstimulasi kemampuan peserta didik dalam menghasilkanvisual yang berkualitas. Selain itu, pengabdian juga bertujuan untuk meningkatkan keaktifansiswa dan memotivasinya dalam proses pembelajaran di SMKN 1 Enam Lingkung. Pengabdianini menggunakan metode presentasi, praktik, observasi, dan pembelajaran teman sebaya. Hasildari kegiatan ini adalah peserta didik menjadi sangat kreatif, memahami dengan baik tentangkomposisi foto dan video untuk menciptakan karya visual, serta mampu memanfaatkanpenggunaan telepon genggam untuk berkarya. Enhancing the room for creativity of the students in Broadcasting and Multimedia department are highly essentialas creativity impacts the comprehension of photography and videography. Since students have to keep up with thedemands of the industry, mastery or understanding in the field of photography and videography, such as how toarrange visual elements, becomes such a necessary thing. The arrangement of visual elements is about compositionalissues and photographic techniques. Therefore, this activity emphasizes more on arranging photo and videocompositions through peer learning by using smartphones. It aims to stimulate the ability of students to producehigh-quality visuals, increase student activeness, and motivate them in the learning process at SMKN 1 EnamLingkung. During conducting the training, the authors implemented presentation, practice, observation and peerlearning methods. The results show that students are greatly creative, understand well about photo and videocomposition to create visual works, and are able to take advantage of the use of smartphone in taking photo andvideo.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

JPS

Publisher

Subject

Arts Humanities Social Sciences

Description

Jurnal Pengabdian Seni merupakan jurnal yang diterbitkan oleh Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat, Institut Seni Indonesia Yogyakarta. Dipublikasikan kali pertama pada tahun 2020, Jurnal Pengabdian Seni adalah jurnal hasil kegiatan pengabdian kepada masyarakat dengan artikel yang ...