Tujuan penelitian ini adalah mengetahui pengaruh pemahaman dan kepedulian pelaku UMKM dalam implementasi green acoounting. Kegiatan produksi UMKM di bidang fashion seringkali memberikan dampak buruk terhadap lingkungan sekitar. UMKM dianggap memiliki kewajiban untuk memahami dan mengimplementasikan konsep green accounting dalam menjalankan kegiatan usahanya karena dalam memproduksi produknya kadangkala menghasilkan limbah yang dapat mencemari dan merusak lingkungan. UMKM dapat menggunakan strategi green accounting, yaitu dengan memasukkan biaya lingkungan pada sistem akuntansi yang digunakan. Adanya strategi green accounting yang digunakan UMKM, dapat meningkatkan nilai etika bisnis sehingga dapat meningkatkan kepercayaan masyarakat terhadap perusahaan. Penelitian ini menggunakan data primer yang diperoleh dari penyebaran kuesioner. Teknik pengumpulan data yaitu menggunakan kuesioner yang akan disebar di UMKM. Teknik analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah regresi linier berganda. Hasil dari penelitian ini menemukan bahwa pemahaman, dan kepedulian pelaku usaha UMKM berpengaruh positif dan signifikan terhadap penerapan green accounting.
Copyrights © 2024