Studi ini menyelidiki peran ayah dalam mengajar anak-anak di Desa Pondok Bungur dan bagaimana hal itu berdampak pada perkembangan mereka. Studi ini bertujuan untuk memperoleh pemahaman tentang bagaimana keterlibatan ayah dalam pendidikan mempengaruhi berbagai aspek perkembangan anak, termasuk akademik, sosial, dan emosional. Ayah dan ibu yang memiliki anak usia sekolah di desa tersebut diwawancarai secara menyeluruh dan diberikan kuesioner. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ketika ayah membantu pendidikan anak mereka dengan berbagai cara, seperti membantu pekerjaan rumah, memberikan bimbingan akademik, dan berpartisipasi dalam kegiatan sekolah, peran aktif mereka sangat membantu perkembangan sosial emosional dan prestasi akademik anak. Untuk meningkatkan hasil pendidikan dan tumbuh kembang anak di masyarakat pedesaan, penelitian ini mengusulkan peningkatan kesadaran dan program yang mendorong peran aktif ayah dalam pendidikan anak. Anak-anak dengan ayah yang aktif cenderung lebih percaya diri dan lebih mampu beradaptasi dengan orang lain.
Copyrights © 2024