Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui niat mahasiswa membeli saham syariah, dengan melibatkan variabel attitude, norm subjective, perceive behavior dan religiusitas sebagai variabel moderasi. Penelitian ini merupakan penelitan empiris dengan teknik purposive sampling dalam pengambilan sampelnya. Objek Penelitian ini melibatkan mahasiswa sebagai preferensi investor baik yang sudah pernah membeli saham ataupun belum pernah membeli saham. Penelitian ini menggunakan analisis SEM dalam studi ini menggunakan Amos. Hasil penelitian menunjukkan bahwa peran moderasi religiusitas tidak mampu memoderasi attitude, norm subjective terhadap niat mahasiswa untuk membeli saham syariah, namun variabel religiusitas dapat memoderasi perceive behavior terhadap niat mahasiswa untuk membeli saham syariah. Variabel attitude, norm subjective, perceived behavior, dan religiusitas secara simultan memberikan pengaruh yang signifikan terhadap variabel Niat mahasiswa Membeli Saham syariah. Berdasarkan hasil penelitian di atas, maka disarankan 1) Populasi dengan penelitian sejenis, sebaiknya mengambil sampel dari perusahaan efek yang terdaftar pada Bursa Efek Indonesia 2) Melakukan penelitian tentang faktor non fundamental seperti gender, inflasi, kurs mata uang dan variabel lain yang mempunyai keterkaitan dengan saham syariah
Copyrights © 2024