INOVASI: Jurnal Ekonomi, Keuangan, dan Manajemen
Vol. 20 No. 3 (2024): Agustus

Pengaruh Kepemilikan Sumber Daya Wisata terhadap Kinerja Desa Membangun di Provinsi Kalimantan Timur

Rian Hilmawan (Universitas Mulawarman, Samarinda, Indonesia.)
Yesi Aprianti (Universitas Mulawarman, Samarinda, Indonesia.)
Nurfiza Widiya (Universitas Mulawarman, Samarinda, Indonesia.)



Article Info

Publish Date
30 Aug 2024

Abstract

Dengan menggunakan data cross-section pada 80 kecamatan di Kalimantan Timur, data kemudian dianalisis dengan teknik regresi Ordinary Least Square, baik secara langsung maupun menggunakan instrumen variabel kontrol. Secara empiris, terdapat bukti adanya pengaruh positif dan signifikan dari kepemilikan sumber daya wisata terhadap indeks desa membangun pada tahun 2021. Pengaruh ini konsisten dengan mengendalikan beberapa variabel kontrol, termasuk dalam hal ini tingkat pendidikan kepala desa, tingkat pendidikan sekretaris desa dan jumlah BUMDes. Selanjutnya,  tingkat pendidikan kepala desa dan sekretaris desa berpengaruh positif namun tidak signifikan terhadap indeks desa membangun pada tingkat kecamatan. Jumlah BUMDes juga berpengaruh positif namun tidak signifikan dalam studi ini. Hasil pengujian tahap akhir, dengan menggunakan variabel moderasi, di mana baik menggunakan tingkat pendidikan kepala desa dan sekretaris desa, maupun jumlah BUMDes, kesemua variabel ini tidak terbukti secara statistik menjadi variabel yang memoderasi pengaruh kepemilikan sumber daya wisata terhadap indeks desa membangun di tingkat kecamatan di Provinsi Kalimantan Timur. Kondisi tersebut mengindikasikan pentingnya sumber daya terdapat pembangunan desa

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

INOVASI

Publisher

Subject

Economics, Econometrics & Finance

Description

INOVASI: Jurnal Ekonomi, Keuangan, dan Manajemen is a scientific publication that focuses on the latest research and development in the fields of economics, finance, and management. This journal aims to present high-quality and relevant research results for academics, practitioners, and ...