Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui hubungan penguasaan ejaan dan penguasaan kaidah morfofonemik dengan nilai mata kuliah Analisis Kesalahan Bahasa mahasiswa semester V Program Studi Pendidikan Bahasa Indonesia STKIP Muhammadiyah Bogor secara bersama-sama atau terpisah. Penelitian ini dilaksanakan di semester V Program Studi Pendidikan Bahasa Indonesia STKIP Muhammadiyah Bogor. Pelaksanaan penelitian diperkirakan selama dua bulan yaitu Agustus s.d. September 2015. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode survey dengan teknik korelasional. Hasil penelitian ini medapatkan data dan simpulan bahwa ada hubungan yang sangat signifikan variabel Penguasaan Ejaan dan Kaidah morfofonemik dengan variabel Nilai Mata Kuliah Analisis Kesalahan Bahasa baik secara parsial maupun secara bersama-sama Hal ini didasarkan pada perhitungan persamaan regresi ganda dan parsial menunjukkan Hubungan ini sangat signifikan karena keduanya mempunyai angka nilai sig. =0.000 < 0.01 (bukan hanya kurang dari 0.05). Berdasarkan persamaan regresi ganda tersebut dapat diuraikan bahwa setiap kenaikan satu unit Penguasaan Ejaan dan sekaligus dengan kenaikan satu unit Kaidah morfofonemik akan diikuti dengan kenaikan Nilai Mata Kuliah Analisis Kesalahan Bahasa 0.896 ( = 0.405 + 0.491) unit. Hasil pengujian hipotesis menunjukkan bahwa telah terbukti ada hubungan langsung variable Penguasaan Ejaan dengan Nilai Mata Kuliah Analisis Kesalahan Bahasa. Hal yang sama untuk variable Kaidah morfofonemik. Selanjutnya secara bersama sama variable Penguasaan Ejaan dan variabel Kaidah morfofonemik menentukan variabel Nilai Mata Kuliah Analisis Kesalahan Bahasa sebesar sebesar 97.4 persen (R Square = 0.974). Berdasarkan nilai to menunjukkan bahwa secara berurutan dari besaran koefisien regresi (B) maupun tingkat signifikansinya (to) menunjukkan pertama adalah Kaidah morfofonemik, kedua Penguasaan Ejaan.
Copyrights © 2022