Pendekatan Learning Community telah menjadi salah satu strategi yang efektif dalam mendukung proses pembelajaran kolaboratif di berbagai tingkat Pendidikan, Learning community merupakan praktik pembelajaran kolaboratif, di mana setiap siswa memiliki kesempatan belajar yang setara. Hal ini memungkinkan siswa untuk membangun hubungan harmonis, menciptakan suasana belajar yang nyaman, dan saling mendukung. Metode penelitian yang penulis lakukan berdasarkan data yang digunakan adalah studi kepustakaan (library research). Studi pustaka merupakan metode penelitian yang memanfaatkan data sekunder atau sumber-sumber tertulis sebagai bahan utama untuk memperoleh informasi dan menjawab pertanyaan penelitian. Learning community adalah kelompok individu yang berbagi nilai dan keyakinan bersama, serta secara aktif berkomitmen untuk saling belajar. Artikel ini membahas tiga aspek utama pendekatan learning community: komponen, manfaat, dan implementasi dalam konteks pendidikan. Penelitian mengidentifikasi dua Komponen Learning Community mencakup : 1) collaborative learning, 2) caring learning. Pendekatan ini menawarkan berbagai manfaat, seperti meningkatkan keterampilan sosial, membangun kemampuan berpikir kritis, dan mendorong keterlibatan aktif peserta didik. Implementasi pendekatan ini membutuhkan: 1) Perencanaan learning community, 2) pelaksanaan learning community, 3) evaluasi learning community.
Copyrights © 2024