Jurnal Intelek Insan Cendikia
Vol. 1 No. 10 (2024): Desember 2024

PERAN PENDIDIKAN KARAKTER DALAM MENCEGAH BULLYING DI SEKOLAH

Ani Nursehah (Unknown)
Yeyen Rohayati (Unknown)
Muhammmad Adib Al-Muyassaro (Unknown)
Selnistia Hidayani (Unknown)



Article Info

Publish Date
24 Dec 2024

Abstract

Bullying di sekolah merupakan masalah serius yang berdampak negatif pada korban dan suasana belajar secara keseluruhan. Dampaknya tidak hanya dirasakan oleh korban secara fisik dan emosional, tetapi juga memengaruhi suasana belajar secara keseluruhan. Hal ini dapat menciptakan lingkungan yang tidak kondusif, mengurangi semangat belajar, serta menghambat pengembangan karakter siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengeksplorasi peran pendidikan karakter dalam mencegah tindakan bullying di lingkungan sekolah. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian kepustakaan (library research) dengan analisis terhadap berbagai literatur, jurnal, dan artikel yang relevan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pendidikan karakter yang efektif dapat membentuk moral dan perilaku siswa, sehingga mengurangi tindakan bullying. Melalui penanaman nilai-nilai seperti empati, toleransi, dan tanggung jawab sosial, siswa menjadi lebih peka terhadap perasaan orang lain. Selain itu, penerapan kebijakan yang jelas, jalur komunikasi untuk pelaporan, dan kegiatan anti perundungan di sekolah juga terbukti meningkatkan kesadaran dan partisipasi siswa dalam menciptakan lingkungan yang aman dan mendukung. Dengan demikian, pendidikan karakter tidak hanya berfungsi untuk pengembangan individu, tetapi juga untuk membangun komunitas yang saling mendukung dalam mencegah bullying di sekolah.  

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

jiic

Publisher

Subject

Religion Decision Sciences, Operations Research & Management Economics, Econometrics & Finance Languange, Linguistic, Communication & Media Law, Crime, Criminology & Criminal Justice Social Sciences

Description

Jurnal Intelek Insan Cendikia (JIIC) adalah jurnal MULTI DISIPLIN ILMU. Jurnal ini menerima artikel ilmiah dari seluruh bidang ilmu, seperti : keagamaan, pendidikan, ekonomi, sosial, kesehatan, hukum, manajemen, dan seluruh bidang keilmuan ...