Jurnal Bengawan Solo: Pusat Kajian Penelitian dan Pengembangan Daerah Kota Surakarta
Vol. 1 No. 2 (2022): Desember : Jurnal Bengawan Solo

PENYUSUNAN LAPORAN MONITORING DAN EVALUASI CITY BRANDING KOTA SURAKARTA

Agung Riyadi (Unknown)
Susilowati Susilowati (Unknown)



Article Info

Publish Date
14 Dec 2022

Abstract

Branding kota atau daerah merupakan upaya pengenalan awareness kepada masyarakat luas baik di tingkat lokal, regional, maupun internasional. Hal ini agaknya memiliki kesamaan dengan definisi versi American Marketing Association, yang menekankan peranan merek sebagai identifier dan differentiator. Maraknya penggunaan branding yang dilakukan oleh pemerintah daerah atau kota, setidaknya mengindikasikan bahwasannya Indonesia sedang mengikuti trend dunia dengan selera serta “greget” yang sama, karena beberapa kota di banyak belahan dunia telah melakukan hal serupa sebagai instrumen identitas dan promosi (Riyadi, 2009). Sebut saja Malaysia dengan “The Trully Asia”, Brisbane “City of Sun Sunday”, ataupun Singapura dengan “Uniquely Singapore”. Di Indonesia sendiri dapat dijumpai branding daerah, Bali “Shanti, Shanti, Shanti”,Yogyakarta “Jogja Never Ending Asia”.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

jbs

Publisher

Subject

Computer Science & IT Decision Sciences, Operations Research & Management Social Sciences

Description

Kebijakan dan Regulasi Daerah, Akuntabilitas dan Transparansi, Manajemen Sumber Daya Daerah, Partisipasi Publik dalam Pengambilan Keputusan, Inovasi dan Reformasi Birokrasi Daerah, Hubungan Pemerintah Pusat dan Daerah, Tata Kelola Lingkungan dan Pembangunan Berkelanjutan, Tantangan dan Peluang dalam ...