Jurnal Imajinasi
Vol 8, No 2 (2024): Juli-Desember

PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS APLIKASI CANVA MENGGUNAKAN MODEL 4D THIAGARAJAN

Hamsar, Ismayanti (Unknown)
Jayadi, Karta (Unknown)
Aswar, Aswar (Unknown)



Article Info

Publish Date
06 Dec 2024

Abstract

Penelitian ini merupakan penelitian dan pengembanagan (R & D) yang mengacu pada model pengembangan 4D Thiagarajan. Tujuan penelitian ini yaitu mengembangkan Media Pembelajaran berbasis aplikasi canva materi seni rupa dua diemensi teknik modifikasi objek kelas XI SMAN 4 Takalar yang valid, praktis dan efektif. Jenis penelitian yang digunakan yakni penelitian dan pengembangan ( R& D) yang dilakukan melalui tiga tahap, yaitu pendefenisian (define), perancangan ( design) dan pengembangan (develop). Pengumpulan data yang yang diperoleh yaitu menggunakan instrumen berupa pedoman wawancara, lembar validasi ahli materi, lembar validasi ahli media, angket respon guru, dan angket respon peserta didik yang dilaksanakan uji coba produk terhadap sebanyak 45 orang peserta didik. Hasil penelitian dan pengembangan yang telah dilaksanakan memperoleh (1) Hasil validasi menunujukkan bahwsanya tingkat kevalidan dari Media Pembelajaran berbasis aplikasi canva berada pada kategori sangat baik dengan perolehan skor rata- rata ialah 4,42 (2) Hasil uji keefektifan menunjukkan bahwa tingkat keefektifan dari Media Pembelajaran berbasis aplikasi canva berada pada kategori sedang dengan perolehan gain score sebanyak 0,56 (3) Hasil uji kepraktisan menunukkan bahwa tingkat kepraktisan Media Pembelajaran berbasis aplikasi canva berada pada kategori sangat baik dengan perolehan skor rata- rata sebanyak 4,76. Berdasarkan data tersebut, ditari kesimpulan Media Pembelajaran berbasis aplikasi canva yang telah dikembangkan layak untuk digunakan dalam proses pembelajaran seni budaya khususnya materi seni rupa dua dimensi kelas XI SMAN 4 Takalar.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

imajinasi

Publisher

Subject

Arts Humanities

Description

Jurnal Imajinasi FSD UNM diterbitkan oleh Fakultas Seni dan Desain Universitas Negeri Makassar. Artikel dikelola dengan proses Double Blind Peer Review dengan akses terbuka atau dapat didowload secara fullpaper. Jurnal Imajinasi menerbitkan artikel pada bidang Seni, Pendidikan Seni dan Desain, ...