Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh bermain game online terhadap motivasi belajar ekonomi siswa/i SMKS Alam Karya. Metode penelitian yang digunakan metode kuantitatif asosiatif. Teknik Pengambilan Sampel Menggunakan sampel random proporsional dengan jumlah sampel 50 siswa/i di SMKS Alam Karya. Data yang digunakan adalah Analisis regresi linier sederhana. Berdasarkan hasil penelitian perhitungan uji hipotesis di peroleh thitung > ttabel yakni 2,496 > 2,101 dan nilai signifikansi <α = 5 % atau 0,05 maka H0 ditolak dan H1 diterima. Berdasarkan uji signifikansi diperoleh bahwa terdapat pengaruh yang signifikan antara game online terhadap motivasi belajar ekonomi siswa/i SMKS Alam Karya. Berdasarkan hasil perhitungan SPSS diperoleh (R Square) adalah sebesar 0,115 hal itu menunjukan bahwa tingkat pengaruh game online terhadap motivasi belajar ekonomi siswa/i adalah 11,5%. Sedangkan nilai koefisien determinasi (R) sebesar 0,339. Hal ini dapat disimpulkan bahwa kontribusi game online (X) terhadap motivasi belajar ekonomi (Y) adalah 11,5% sedangkan sisanya 88,5% di pengaruhi variabel lain yang tidak dijelaksan dalam penelitian ini. Hasil penelitian ini memberikan arti penting untuk pengembangan kebijakan pendidikan, khususnya terkait dengan pengurangnya siswa bermain game online
Copyrights © 2024