p manajemen laba perusahaan sektor barang konsumen primer yang terdaftar di bursa efek indonesia periode 2022. Sampel dalam penelitian ini diperoleh dengan menggunakan teknik purposive sampling, sehingga diperoleh sampel sebanyak 88 perusahaan dari 119 populasi perusahaan sektor barang konsumen primer yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian yaitu teknik regresi linier berganda dengan bantuan software SPSS 22. Hasil dari penelitian ini yakni (1) Secara simultan ukuran perusahaan dan leverage tidak berpengaruh terhadap manajemen laba pada perusahaan sektor barang konsumen primer yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia Periode 2022. (2) Secara parsial variabel ukuran perusahaan tidak berpengaruh terhadap manajemen laba pada perusahaan sektor barang konsumen primer yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia Periode 2022. (3) Secara parsial variabel leverage tidak berpengaruh terhadap manajemen laba pada perusahaan pada perusahaan sektor barang konsumen primer yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia Periode 2022.
Copyrights © 2024