Kemajuan teknologi membuat perubahan dalam pembayaran yang semula menggunakan tunai beralih ke pembayaran digital atau e-wallet. E-wallet adalah dompet digital yang berfungsi sebagai metode pembayaran elektronik melalui smartphone. Penyedia layanan e-wallet membuat berbagai fitur untuk menarik pengguna, salah satunya yaitu potongan harga. Pengguna akan memperoleh potongan harga jika menggunakan layanan e-wallet mereka. Penelitian ini memiliki tujuan untuk menganalisis bagaimana potongan harga pada e-wallet berdampak pada perilaku belanja masyarakat di Surabaya. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan pendekatan korelasional. Populasi yang menjadi fokus penelitian adalah warga Surabaya yang telah memanfaatkan diskon pada e-wallet. Sampel yang diambil terdiri atas 100 responden, dengan teknik purposive sampling dan pengumpulan data dilakukan melalui kuesioner yang disebarkan secara daring. Regresi linier sederhana digunakan untuk menganalisis data yang dikumpulkan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa, dengan tingkat persentase sebesar 79,4%, potongan harga pada e-wallet memiliki pengaruh positif secara signifikan terhadap perilaku konsumtif masyarakat Surabaya. Potongan harga yang disediakan oleh penyedia layanan e-wallet cenderung memicu pembelian impulsif yang meningkatkan perilaku konsumtif.
Copyrights © 2024