Neraca Manajemen, Akuntansi, dan Ekonomi
Vol. 12 No. 10 (2024): Musytari : Jurnal Manajemen, Akuntansi, dan Ekonomi

ANALISIS PENGARUH MODAL AWAL DAN STRATEGI PEMASARAN TERHADAP PERTUMBUHAN PENDAPATAN UMKM DI KOTA SURABAYA

Mardaheni, Vella Angelia (Unknown)
Erwan Eunike Graceshanda (Unknown)



Article Info

Publish Date
27 Dec 2024

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh modal awal dan strategi pemasaran terhadap pertumbuhan pendapatan Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) di Kota Surabaya. Metode kuantitatif digunakan dengan menyebarkan kuesioner kepada sejumlah UMKM di Surabaya. Hasil penelitian menunjukkan bahwa modal awal memiliki pengaruh yang signifikan terhadap pertumbuhan pendapatan UMKM. Semakin besar modal awal yang dimiliki, semakin besar pula potensi pertumbuhan pendapatan UMKM. Selain itu, strategi pemasaran juga terbukti berpengaruh positif terhadap pertumbuhan pendapatan. UMKM yang menerapkan strategi pemasaran yang tepat, seperti pemasaran digital dan promosi yang efektif, cenderung mengalami pertumbuhan pendapatan yang lebih tinggi. Penelitian ini menyimpulkan bahwa baik modal awal maupun strategi pemasaran merupakan faktor penting yang harus diperhatikan oleh UMKM di Surabaya untuk meningkatkan kinerja bisnisnya. Implikasi dari penelitian ini adalah pentingnya bagi pemerintah dan lembaga terkait untuk menyediakan akses permodalan yang lebih mudah bagi UMKM serta memberikan pelatihan dan pendampingan dalam pengembangan strategi pemasaran yang efektif.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

musytarineraca

Publisher

Subject

Economics, Econometrics & Finance Environmental Science

Description

Musytari: Neraca Manajemen, Akuntasi, Ekonomi, adalah jurnal nasional peer-review yang diterbitkan oleh CV Anugrah Anggota IKAPI. Musytari: Neraca Manajemen, Akuntasi, Ekonomi membahas ekonomi dan bisnis dalam ruang lingkup berbagai disiplin ilmu ekonomi, manajemen, dan akuntansi. Tim editorial ...