Neraca Manajemen, Akuntansi, dan Ekonomi
Vol. 12 No. 10 (2024): Musytari : Jurnal Manajemen, Akuntansi, dan Ekonomi

IMPLEMENTASI RELATIONSHIP MARKETING PADA PERUSAHAAN JASA KONSTRUKSI

Dwi Nurlaily , Regina (Unknown)
Sukaris (Unknown)



Article Info

Publish Date
27 Dec 2024

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengeksplorasi implementasi relationship marketing dalam meningkatkan loyalitas pelanggan pada perusahaan jasa konstruksi. Relationship marketing dipandang sebagai strategi penting dalam membangun hubungan jangka panjang yang saling menguntungkan antara perusahaan dan pelanggan, yang berperan krusial di industri konstruksi yang dinamis dan kompetitif. Dengan pendekatan kualitatif deskriptif, data diperoleh melalui observasi dan wawancara dengan pihak internal perusahaan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Perusahaan jasa konstruksi belum sepenuhnya mengimplementasikan strategi relationship marketing, yang berdampak pada tingkat loyalitas pelanggan yang masih fluktuatif. Hambatan utama yang dihadapi adalah pemanfaatan teknologi yang kurang optimal serta komunikasi yang belum efektif selama proyek berlangsung. Penelitian ini merekomendasikan penerapan sistem Customer Relationship Management (CRM), pengembangan program loyalitas, dan pelatihan karyawan untuk meningkatkan kualitas layanan dan memperkuat hubungan dengan pelanggan. Implementasi strategi ini diharapkan dapat meningkatkan loyalitas pelanggan dan mendukung pertumbuhan perusahaan di masa mendatang.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

musytarineraca

Publisher

Subject

Economics, Econometrics & Finance Environmental Science

Description

Musytari: Neraca Manajemen, Akuntasi, Ekonomi, adalah jurnal nasional peer-review yang diterbitkan oleh CV Anugrah Anggota IKAPI. Musytari: Neraca Manajemen, Akuntasi, Ekonomi membahas ekonomi dan bisnis dalam ruang lingkup berbagai disiplin ilmu ekonomi, manajemen, dan akuntansi. Tim editorial ...