Pendidikan kewirausahaan dan motivasi berwirausaha memiliki peranan yang sangat penting dalam membentuk karakter dan kompetensi siswa di tingkat SMA. Penelitian ini bertujuan untuk menyelami lebih dalam mengenai peran pendidikan kewirausahaan serta berbagai faktor yang memengaruhi motivasi berwirausaha di kalangan siswa. Dengan pendekatan kualitatif, penelitian ini mengumpulkan data melalui wawancara mendalam dan observasi terhadap siswa, guru, dan pengelola sekolah di sejumlah SMA yang telah mengintegrasikan pendidikan kewirausahaan dalam kurikulum mereka.Penelitian ini juga mengungkapkan bahwa meskipun pendidikan kewirausahaan di tingkat SMA dapat meningkatkan minat berwirausaha, tantangan seperti keterbatasan fasilitas dan kurangnya pengalaman praktis tetap menjadi hambatan utama dalam mengembangkan potensi kewirausahaan siswa. Oleh karena itu, untuk meningkatkan efektivitas pendidikan kewirausahaan di SMA, diperlukan perbaikan dalam sarana dan prasarana, serta kolaborasi yang lebih erat dengan dunia usaha untuk memberikan pengalaman nyata kepada siswa.
Copyrights © 2024