Neraca Manajemen, Akuntansi, dan Ekonomi
Vol. 14 No. 3 (2025): Musytari : Jurnal Manajemen, Akuntansi, dan Ekonomi

PENGARUH STORE ATMOSPHERE DAN KUALITAS PELAYANAN TERHADAP TINGKAT KEPUASAN KONSUMEN PADA TOKO OLAHRAGA SNEAKERZONE KEDIRI

Ramadhan, Syahrul (Unknown)
Maheri, Sonny Subroto (Unknown)
Akbar, Taufik (Unknown)



Article Info

Publish Date
15 Jan 2025

Abstract

Abstract In the era of globalization and advances in information technology, the sports retail industry in Indonesia has experienced rapid development, marked by an increase in the number of stores and branches. One example is SneakerZone in Kediri, which faces challenges in market competition with the need to understand and meet consumer expectations. This study aims to determine the effect of store atmosphere and service quality on the level of consumer satisfaction at the SneakerZone Kediri Sports Store. The analysis techniques used are validity and reliability tests, classical assumption tests, multiple linear regression analysis, hypothesis tests, and determination coefficient tests using SPSS 25.0 software. The sample in this study was 140 respondents and used purposive sampling for sampling. The results showed that store atmosphere had a significant effect on consumer satisfaction with a sig. value of 0.002 <0.05 and service quality had a significant effect on consumer satisfaction with a sig. value of 0.000 <0.05, and store atmosphere and service quality had a simultaneous effect on consumer satisfaction with a sig. value. 0.000 < 0.05 Keywords: Store Atmosphere, Service Quality, and Consumer Satisfaction Abstrak Di era globalisasi dan kemajuan teknologi informasi, industri ritel olahraga di Indonesia mengalami perkembangan pesat yang ditandai dengan peningkatan jumlah toko dan cabang. Salah satu contohnya adalah SneakerZone di Kediri, yang menghadapi tantangan dalam persaingan pasar dengan kebutuhan untuk memahami dan memenuhi ekspektasi konsumen. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tentang pengaruh store atmosphere dan kualitas pelayanan terhadap tingkat kepuasan konsumen pada Toko Olahraga SneakerZone Kediri. Teknik analisis yang digunakan adalah uji validitas dan reliabilitas, uji asumsi klasik, analisis regresi linear berganda, uji hipotesis, dan uji koefisien determinasi menggunakan software SPSS 25.0. Sampel dalam penelitian ini sebanyak 140 responden dan menggunakan purposive sampling untuk pengambilan sampel. Hasil penelitian menunjukkan bahwa store atmosphere berpengaruh signifikan terhadap kepuasan konsumen dengan nilai sig. 0,002 < 0,05 dan kualitas pelayanan berpengaruh signfikan terhadap kepuasan konsumen dengan nilai sig. 0,000 < 0,05, dan store atmosphere dan kualitas pelayanan berpengaruh simultan terhadap kepuasan konsumen dengan nilai sig. 0,000 < 0,05 Kata Kunci : Store Atmosphere, Kualitas Pelayanan, dan Kepuasan Konsumen

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

musytarineraca

Publisher

Subject

Economics, Econometrics & Finance Environmental Science

Description

Musytari: Neraca Manajemen, Akuntasi, Ekonomi, adalah jurnal nasional peer-review yang diterbitkan oleh CV Anugrah Anggota IKAPI. Musytari: Neraca Manajemen, Akuntasi, Ekonomi membahas ekonomi dan bisnis dalam ruang lingkup berbagai disiplin ilmu ekonomi, manajemen, dan akuntansi. Tim editorial ...