Abstrak Penelitian ini dilakukan di sebuah Perguruan Swasta Institut Kesehatan Deli Husada Deli Tua. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menentukan apakah pengajaran eksplisit aspek tata bahasa yang dipilih, kata kerja bantu modal, meningkatkan kemampuan siswa menulis bahasa Inggris. Penelitian ini bersifat kualitatif dan menggunakan desain studi kasus. Penelitian ini menggunakan sample sebanyak 80 mahasiswa yang dipilih secara acak pada tahun 2024 di Institut Kesehatan Deli Husada Deli Tua, 40 peserta secara acak ditugaskan ke dalam kelompok eksperimen dan kontrol. Untuk kelompok eksperimen, pelatihan berlangsung enam minggu. Kedua kelompok dibuat untuk menulis esai serupa dan esai tersebut ditandai dengan fokus pada kemampuan siswa menggunakan kata kerja bantu modal. Temuan penelitian ini mengungkapkan bahwa kelompok eksperimen berkinerja lebih baik daripada kelompok yang ikut dalam eksperimen tersebut kelompok kontrol dalam penggunaan kata kerja bantu modal. Berdasarkan temuan tersebut, penelitian merekomendasikan secara eksplisit pengajaran tata bahasa di semua tingkat studi siswa untuk mengatasi tantangan yang mereka hadapi dalam menulis Bahasa inggris.
Copyrights © 2024