Perkembangan teknologi pembayaran digital telah memberi kemajuan pada sistem pembayaran UKT, sehingga terjadi Peralihan dari metode pembayaran Non BRIVA menjadi BRIVA hal ini disebabkan oleh tiga faktor yaitu keamanan, efisiensi waktu, dan kemudahan. Tujuan penelitian ini untuk membandingkan pelayanan dan kemudahan transaksi BRIVA dan Non BRIVA terhadap kepuasan mahasiswa. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian komparatif dengan pendekatan kuantitatif, metode pengumpulan data yang digunakan adalah kuesioner. Populasi dalam penelitian ini adalah mahasiswa IAIN Bone Angkatan 2019. Jumlah sampel yang digunakan sadalah 100. Data yang telah dikumpulkan akan melalui uji validitas, reliabilitas, asumsi klasik, dan hipotesis. Pengolahan data dilakukan dengan bantuan alat analisis SPSS. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pelayanan transaksi, pembayaran melalui BRIVA berpengaruh positif tetapi tidak signifikan terhadap Kepuasan Mahasiswa Melakukan Pembayaran UKT sedangkan pembayaran melalui Non BRIVA berpengaruh  positif dan signifikan terhadap Kepuasan Mahasiswa Melakukan Pembayaran UKT, dan kemudahan transaksi, pembayaran melalui BRIVA berpengaruh positif dan signifikan terhadap Kepuasan Mahasiswa Melakukan Pembayaran UKT sedangkan pembayaran melalui Non BRIVA berpengaruh positif tetapi tidak signifikan terhadap Kepuasan Mahasiswa Melakukan Pembayaran UKT. Kesimpulan dalam penelitian ini adalah jika dilihat dari segi pelayanan, maka mahasiswa lebih memilih metode Non BRIVA dalam melakukan pembayaran UKT sedangkan jika dilihat dari segi kemudahan, mahasiswa lebih memilih menggunakan BRIVA dalam melakukan pembayaran UKT.Â
Copyrights © 2024