Kurs : Jurnal Akuntansi, Kewirausahaan dan Bisnis
Vol 9 No 2 (2024): Kurs : Jurnal Akuntansi, Kewirausahaan dan Bisnis

PENGARUH CELEBRITY ENDORSEMENT, SOSIAL MEDIA MARKETING DAN BRAND IMAGE TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN PRODUK KECANTIKAN SOMETHINC (STUDI KASUS PADA MAHASISWI INSTITUT BISNIS DAN TEKNOLOGI PELITA INDONESIA PEKANBARU)

Suyono, Suyono (Unknown)
S, Yvonne Augustin (Unknown)
Lydia, Lydia (Unknown)
Andi, Andi (Unknown)
Fransisca, Luciana (Unknown)



Article Info

Publish Date
02 Jan 2025

Abstract

This study aims to determine and analyze the influence of celebrity endorsement, social media marketing and brand image on the purchase decision of somethinc beauty products at the Pelita Indonesia Institute of Business and Technology. The population in this study was 1,213 female students at the Pelita Indonesia Institute of Business and Technology. Meanwhile the number of samples taken using the slovin formula is 100 people and will be taken using the accidental sampling methods. Data analysis in this study used multiple linear analysis methods with the help of SPSS version 22. Based on the results of the study, it was found that celebrity endorsement and brand image had a significant positive effect on purchasing decisions, while social media marketing variables did not have a significant positive effect on purchasing decisions on somethinc beauty products. Suggestions for somethinc brands as ideas to consider in choosing and using celebrity endorsements to promote products, in digital marketing and provide quality products. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menganalisa pengaruh celebrity endorsement, social media marketing dan brand image terhadap keputusan pembelian produk kecantikan somethinc di Institut Bisnis dan Teknologi Pelita Indonesia. Populasi dalam penelitian ini adalah 1.213 mahasiswi di Institut Bisnis dan Teknologi Pelita Indonesia. Sedangkan jumlah sampel yang diambil dengan menggunakan rumus slovin berjumlah 100 orang dan akan diambil dengan menggunakan metode accidental sampling. Analisis data dalam penelitian ini menggunakan metode analisis linear berganda dengan bantuan SPSS versi 22. Bedasarkan hasil penelitian diperoleh bahwa celebrity endorsement dan brand image berpengaruh positif signifikan terhadap keputusan pembelian, sedangkan variabel social media marketing tidak berpengaruh positif signifikan terhadap keputusan pembelian pada produk kecantikan somethinc. Saran bagi brand somethinc sebagai ide untuk dipertimbangkan dalam memilih dan menggunakan celebrity endorsement untuk mempromosikan produk, dalam digital marketing serta menyediakan produk yang berkualitas.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

KURS

Publisher

Subject

Economics, Econometrics & Finance

Description

Kurs : Jurnal Akuntansi, Kewirausahaan dan Bisnis (p-issn: 2527-8223; e-issn: 2527-8215) adalah jurnal yang diterbitkan oleh Lembaga Penelitian Dan Pengabdian Masyarakat, Sekolah Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Pelita Indonesia Pekanbaru. Jurnal ini mempublikasikan artikel - artikel di bidang Akuntansi, ...