Kurs : Jurnal Akuntansi, Kewirausahaan dan Bisnis
Vol 9 No 2 (2024): Kurs : Jurnal Akuntansi, Kewirausahaan dan Bisnis

PENGARUH ONLINE CUSTOMER REVIEW TERHADAP PENINGKATAN BRAND IMAGE PADA MARKETPLACE DI INDONESIA: STUDI KASUS PADA PENGGUNA SHOPEE

dillah, Tasya sasa (Unknown)
Siregar, Salim (Unknown)



Article Info

Publish Date
31 Dec 2024

Abstract

Online review dapat menjadi alat promosi yang ampuh untuk komunikasi pemasaran untuk menjangkau pelanggan mereka. Brand image memiliki pengaruh yang positif serta signifikan terhadap keputusan pembelian. Brand image yang dimiliki oleh suatu perusahaan akan meningkatkan keputusan pembelian, karena pandangan konsumen terhadap merek tersebut sudah baik adanya rasa nyaman terhadap merek tersebut. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menguji pengaruh online customer review terhadap brand image dan minat beli pada penggunaan Shopee di Indonesia. konsumen yang pernah menggunakan aplikasi Shopee. Survei mencakup beberapa dimensi seperti online customer reviews dan brand image. Dengan mengumpulkan data dari responden 100 responden menggunakan pengumpulan data dengan survey melalui kuesioner menggunakan google form. Uji yang digunakan yaitu uji validitas, reliabilitas, koefisien determinasi dan analisis regresi linier sederhana Berdasarkan hasil analisis penelitian diatas maka dapat disimpulkan bahwa H1 dapat diterima. Atau dalam arti lain terdapat pengaruh antara variabel X terhadap variabel Y Respons yang baik terhadap ulasan pelanggan juga terbukti penting dalam mempengaruhi brand image. Ketika merek Shopee secara aktif memantau ulasan pelanggan dan memberikan tanggapan yang sopan dan membantu, konsumen merasa dihargai dan didengar. Hal ini dapat memperkuat hubungan dengan pelanggan, meningkatkan kepercayaan, dan secara keseluruhan memperbaiki brand image Shopee. Dalam kesimpulan, penelitian ini menyimpulkan bahwa online customer review memiliki peranan yang signifikan dalam meningkatkan brand image pada platform marketplace Shopee.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

KURS

Publisher

Subject

Economics, Econometrics & Finance

Description

Kurs : Jurnal Akuntansi, Kewirausahaan dan Bisnis (p-issn: 2527-8223; e-issn: 2527-8215) adalah jurnal yang diterbitkan oleh Lembaga Penelitian Dan Pengabdian Masyarakat, Sekolah Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Pelita Indonesia Pekanbaru. Jurnal ini mempublikasikan artikel - artikel di bidang Akuntansi, ...