Jurnal Keperawatan Sriwijaya
Vol. 12 No. 1 (2025): Vol 12, No 1 (2025)

TINGKAT KEPUASAN KELUARGA PASIEN TENTANG PELAYANAN KEPERAWATAN LANSIA DI POLI GERIATRI

Wardani, Sri (Unknown)
Zulfitri, Reni (Unknown)
Woferst , Rismadefi (Unknown)



Article Info

Publish Date
14 Jan 2025

Abstract

Tujuan: Poliklinik Geriatri merupakan pelayanan medis kepada pasien lanjut usia yang mengalami penurunan fungsi fisik, psikis, sosial, ekonomi, dan lingkungan. Kepuasan pasien dan keluarga adalah indikator penting dari kualitas layanan, mencerminkan bagaimana harapan dan keinginan mereka terpenuhi terhadap pelayanan geriatri. Penelitian ini bertujuan untuk menggambarkan tingkat kepuasan keluarga terhadap pelayanan keperawatan lansia di Poliklinik Geriatri RSUD Arifin Achmad. Metode: Penelitian ini menggunakan desain penelitian kuantitatif dengan pendekatan observasional deskriptif. Pengumpulan data dilakukan pada bulan Juli 2024 dengan menggunakan kuesioner tingkat kepuasan. Responden penelitian ini adalah keluarga pasien yang dirawat di rumah sakit. Populasi penelitian ini adalah seluruh keluarga pasien di fasilitas tersebut, dengan jumlah sampel sebanyak 97 orang yang dipilih melalui teknik total sampling, di mana seluruh anggota populasi yang memenuhi kriteria inklusi diikutsertakan dalam penelitian. Data yang diperoleh dianalisis menggunakan analisis data univariat, yang bertujuan untuk mendeskripsikan karakteristik tingkat kepuasan keluarga pasien terhadap pelayanan yang diterima. Hasil: Penelitian menunjukkan bahwa 92,8% keluarga pasien merasa puas dengan pelayanan yang diberikan. Dengan masing-masing persentase perdimensi, 59,8% responden merasa puas dengan pelayanan dimensi tangible, 61,9% responden merasa puas dengan pelayanan reliability, 70,1% responden puas terhadap dimensi responsivness, 74,2% merasa puas pada dimensi assurance dan 58.8% merasa puas dengan dimensi empathy.  Simpulan: Temuan ini menunjukkan bahwa secara umum, pelayanan keperawatan lansia di poliklinik ini memuaskan, namun masih terdapat beberapa aspek yang perlu diperbaiki untuk meningkatkan kepuasan lebih lanjut. Penelitian ini diharapkan dapat memberikan wawasan berharga untuk meningkatkan kualitas pelayanan keperawatan lansia dan menjadi dasar untuk perbaikan berkelanjutan dalam pelayanan untuk memastikan bahwa kebutuhan dan harapan keluarga pasien selalu terpenuhi.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

jk_sriwijaya

Publisher

Subject

Health Professions Nursing

Description

Jurnal Keperawatan Sriwijaya berisi artikel-artikel ilmiah yang berupa hasil penelitian maupun hasil studi pustaka meliputi ranah keilmuan, ilmu keperawatan dasar (konsep dasar keperawatan, teknik-teknik dan metodologi asuhan keperawatan, teknik komunikasi dan pendekatan budaya dalam asuhan ...