Sistem antrian merupakan suatu konsekuensi dari relatif mahal dan terbatasnya suatu fasilitas pelayanan. Sistem antrian dapat terjadi pada berbagai tempat dan waktu, salah satunya pada PT. Industri Kapal Indonesia (Persero) Makassar. Analisis terhadap sistem antrian perlu dilakukan untuk meningkatkan kinerja pelayanan dalam rangka mencapai kepuasan konsumen. Secara khusus untuk mengetahui kondisi existing dan parameter sistem antrian yang meliputi jumlah kapal dalam sistem, jumlah kapal dalam antrian, dan lama kapal dalam sistem antrian. Kedatangan yang terjadi di PT. Industri Kapal Indonesia (Persero) Makassar adalah kedatangan satuan-satuan perusahaan untuk melakukan perbaikan kapal. Dimana setiap bulannya begitu banyak perusahaan yang melakukan perbaikan kapal sehingga terjadi antrian panjang. Oleh karena itu perlu adanya alternatif pemecahan masalah yaitu melakukan model simulasi diskrit dengan menggunakan aplikasi ProModel. Tujuan yang ingin dicapai dari permasalahan penumpukan antrian dalam proses perbaikan kapal yaitu untuk mengetahui upaya yang dilakukan perusahaan dalam memperbaiki waktu tunggu kapal terhadap antrian dengan menggunakan aplikasi ProModel.
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2024