jurnal Teknik Industri - Unisi
Vol. 8 No. 2 (2024): JURNAL TEKNIK INDUSTRI (JUTI) UNISI

KURIKULUM MANDIRI AUDIOVISUAL UNTUK ANAK PENYANDANG DISABILITAS INTELEKTUAL DENGAN METODE DEMONSTRASI DI SLBN 033 TEMBILAHAN

Diljona Marisa Putri (Unknown)



Article Info

Publish Date
14 Jan 2025

Abstract

Anak-anak tuna grahita sering menghadapi masalah saat belajar, seperti kesulitan mengingat pelajaran dan mudah bosan. Dengan menyajikan materi secara lebih menarik dan mudah diingat, media pembelajaran audio-visual diharapkan dapat memberikan solusi untuk masalah ini. Penelitian ini bertujuan untuk menentukan seberapa efektif penggunaan media pembelajaran audio-visual dalam mengajarkan mata pelajaran agama kepada anak tunagrahita di Sekolah Luar Biasa (SLB) Negeri 033 Tembilahan. Penelitian ini menerapkan pendekatan deskriptif kualitatif melalui metode observasi, wawancara, dan dokumentasi. Metode pembelajaran yang digunakan yaitu metode demonstrasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa media audiovisual digunakan untuk pembelajaran agama dapat lebih meningkatkan motivasi dan perhatian siswa serta membuatnya lebih mudah untuk mengingat dan memahami materi. Metode ini dapat mengatasi masalah utama yang dihadapi oleh guru, seperti kesulitan anak dalam mengingat pelajaran dan kecenderungan lebih cepat bosan. Dari hasil penelitian ini diharapkan agar media pembelajaran audio visual dapat selalu diterapkan dan dikembangkan di Sekolah Luar Biasa (SLB) Negeri 033 Tembilahan.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

juti

Publisher

Subject

Computer Science & IT Control & Systems Engineering Decision Sciences, Operations Research & Management Energy Industrial & Manufacturing Engineering

Description

Jurnal Teknik Industri - UNISI (JUTI-UNISI) merupakan wadah bagi seluruh civitas akademika dibidang keilmuan sistem dan manajemen Industri, Frekuensi terbit dua kali dalam satu tahun (Mei dan Desember), dikelola oleh Fakultas Teknik dan Ilmu Komputer Universitas Islam Indragiri Tembilahan. Redaksi ...