Jurnal Ilmiah Manajemen dan Kewirausahaan
Vol. 3 No. 2 (2023): Jurnal Ilmiah Manajemen dan Kewirausahaan

PENGARUH STRES KERJA DAN JOB DESKRIPSI TERHADAP SEMANGAT KERJA KARYAWAN BAGIAN MARKETING SIEMENS INDONESIA PULOMAS JAKARTA

Igo, Arif (Unknown)
Rachmawati, Kurnia (Unknown)



Article Info

Publish Date
29 Feb 2024

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui seberapa besar pengaruh stres kerja dan job deskripsi terhadap semangat kerja karyawan Bagian Marketing PT Siemens Indonesia Pulomas Jakarta. Penelitian ini dilakukan di PT Siemens Indonesia Pulomas Jakarta. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif. Teknik pengambilan sampel yaitu metode sumpling jenuh pada penelitian ini adalah seluruh karyawan pada Bagian Marketing PT Siemens Indonesia Pulomas Jakarta yang berjumlah 53 orang (semua populasi dijadikan sampel). Teknik pengumpulan data menggunakan observasi dalam bentuk kuesioner. Teknik pengolahan data yang di lakukan ini adalah uji validitas, uji reliabilitas, uji T-test, koefisien determinasi, korelasi, uji simultan dan uji regresi linier berganda. Variabel Stres Kerja (X1), Job Deskripsi (X2) dan Semangat Kerja (Y), hasil uji validitas mempunyai nilai CITC lebih besar dari 0,3. Hasil penelitian adalah tingkat signifikan Pvalue (0,000) < 0,05 yang artinya ada pengaruh antara stres kerja terhadap semangat kerja yaitu sebesar 78,1 %. Sedangkan untuk job deskripsi terhadap semangat kerja berpengaruh sebesar 67,8 %, sehingga ada pengaruh antara stres kerja dan job deskripsi terhadap semangat kerja sebesar 88,4 %, dan sisanya sebesar 11,6 % dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak diteliti dalam penelitan ini

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

mapira

Publisher

Subject

Humanities Decision Sciences, Operations Research & Management Economics, Econometrics & Finance Social Sciences

Description

Jurnal Ilmiah Manajemen dan Kewirausahaan (MAPIRA) is published twice a year, in April and September. This journal serves as a medium for the publication of research results, thoughts, and critical-analytical studies related to management and marketing issues. The published articles can include ...