Fundraising zakat adalah kegiatan menghimpun dana dan mempengaruhi calon muzakki, baik perseorangan maupun badan usaha agar menyalurkan dana zakat, infak, dan sedekahnya kepada Lembaga Pengelola Zakat. Penelitian dilakaukan untuk mengetahui strategi dan manjemen fundraising dana zakat fitrah yang dilangsungkan beserta analisis keduanya. Penelitian ini bersifat deskriptif kualitatif dengan jenis penelitian lapangan. Sumber data berupa informan yaitu pengelola zakat itu sendiri, selain itu juga mengkaji dari berbagai referensi baik dari buku, jurnal, dan website yang berkaitan dengan manajemen fundraising zakat. Pengumpulan data dengan metode wawancara. Teknik analisis data berupa reduksi data, penyajian data, dan kesimpulan. Triangulasi sumber juga perlu digunakan dalam penelitian untuk kredibilitas informasi. Hasil penelitian menunjukkan strategi fundraising dana zakat fitah di LAZ Persada Pamekasan mengenakan metode direct fundraising dengan mendatangi dan presentase langsung ke tempat donatur atau muzakki dan indirect fundraising melalui media sosial dan pamflet yang disebarkan. Disamping itu juga LAZ Persada Pamekasan telah mengimplementasikan fungsi manajemen fundraising dengan baik meliputi perencanaan, pengorganisasian, pengarahan dan pengawasan. Kata kunci : Fundraising, Manajemen, Zakat Fitrah.
Copyrights © 2024