Jurnal Informatika Polinema (JIP)
Vol. 11 No. 1 (2024): Vol. 11 No. 1 (2024)

Prediksi Penjualan Mobil Toyota di Indonesia Menggunakan Multi-Layer Perceptron

Muhammad Nabil Afkar (Unknown)
Dewi Titania Randa (Unknown)
Rizal Adi Saputra (Unknown)



Article Info

Publish Date
30 Nov 2024

Abstract

Penjualan merupakan aspek yang sangat penting dalam industri, dan di Indonesia, Toyota telah menjadi salah satu merek mobil yang paling diminati oleh konsumen. Prediksi penjualan memiliki peran krusial dalam memprediksi tren penjualan di masa depan. Multi-Layer Perceptron adalah salah satu model yang dapat digunakan untuk melakukan prediksi tersebut. Penelitian ini menggunakan data yang diperoleh dari website Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia. Data tersebut mencakup bulan dan jumlah penjualan mobil setiap bulannya dari Januari 2011 – Mei 2023, kemudian data penjualan 6 bulan terakhir dijadikan data uji dan sisanya sebagai data latih. Untuk mengukur akurasi model prediksi, digunakan metrik Mean Absolute Error (MAE) dan Mean Percentage Absolute Error (MAPE). Dalam penelitian ini, model dibuat bervariasi, dengan total layer dari tiap model berjumlah 3 layer, terdiri dari 1 output layer dengan 10 neuron, 1 hidden layer yang akan dilakukan percobaan mulai dari 10 - 15 neuron, 1 output layer dengan 1 neuron, jumlah perulangan atau epoch sebanyak 300, menggunakan fungsi aktivasi ReLU dan optimizer Adam. Hasil evaluasi dari model yang dikembangkan dalam penelitian menunjukkan bahwa model 10-15-1 merupakan model terbaik dengan nilai MAE sebesar 1879.285156 dan MAPE sebesar 6.775593%. Berdasarkan hasil tersebut, prediksi yang dilakukan termasuk dalam kategori sangat akurat.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

jip

Publisher

Subject

Computer Science & IT Control & Systems Engineering Decision Sciences, Operations Research & Management Electrical & Electronics Engineering Library & Information Science

Description

The focus and scope of articles published in JIP (Journal of Informatics Polinema) encompasses the game technology, information system, computer network, computing, which covers the following scope: Game Technology Artificial Intelligence Intelligent System Machine Learning Image Processing Computer ...