SIGMA: Jurnal Pendidikan Matematika
Vol 16, No 2: Desember 2024

PENERAPAN PENDEKATAN PMRI BERBASIS KONTEKSTUAL TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA KELAS IV SD

Khaq, Sinkha Arza (Unknown)
Hilyana, F. Shoufika (Unknown)
Ermawati, Diana (Unknown)



Article Info

Publish Date
01 Jan 2025

Abstract

Penggunaan pendekatan pembelajaran Matematika yang tidak sesuai dan tidak menarik bagi siswa menyebabkan siswa kurang mampu menganalisis, merumuskan masalah, dan menyimpulkan informasi untuk menyelesaikan masalah. Akibatnya, kemampuan berpikir kritis siswa masih rendah. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah kemampuan berpikir kritis siswa kelas IV di SD 1 Kaliwungu Kudus berbeda sebelum dan sesudah diadakannya pembelajaran Matematika dengan penerapan Pendekatan Matematika Realistik Indonesia (PMRI) pada materi piktogram dan diagram batang. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode Pre-Experimental dan desain One Group Pretest-Posttest. Penelitian diadakan di kelas IV SD 1 Kaliwungu tepatnya di Desa Kaliwungu, Kecamatan Kaliwungu, Kabupaten Kudus. Dalam penelitian ini, 24 siswa kelas IV digunakan sebagai sampel dengan menggunakan teknik sampling jenuh. Pengumpulan datanya menggunakan teknik tes, untuk mengukur kemampuan berpikir kritis siswa. Siswa diberi instrumen tes yang terdiri dari lima soal yang ditulis dalam bentuk uraian. Data dianalisis menggunakan uji N-Gain berbantuan SPSS 25. Hasil penelitian menunjukkan peningkatan yang cukup efektif dengan presentase nilai N-Gain sebesar 58% dalam kategori sedang.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

sigma

Publisher

Subject

Mathematics Other

Description

The aim of this journal is to publish research in mathematics education including teaching and learning, curriculum development, learning environments, teacher education, educational technology, and educational development from many kinds of research such as survey, research and development, ...