SIGMA: Jurnal Pendidikan Matematika
Vol 16, No 2: Desember 2024

MENINGKATKAN MINAT DAN PEMAHAMAN KONSEP TRIGONOMETRI MELALUI VIDEO DAN GAME INTERAKTIF (KAHOOT) DI KELAS X-4 SMAN MODEL TERPADU MADANI PALU

Sari, Septi Rahmita (Unknown)
Kamaruddin, Kamarudin (Unknown)
Lefrida, Rita (Unknown)



Article Info

Publish Date
13 Jan 2025

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan minat dan pemahaman konsep trigonometri pada siswa kelas X-4 SMAN Model Terpadu Madani Palu melalui penelitian tindakan kelas. Penelitian dilaksanakan dalam dua siklus, yang masing-masing mencakup tahapan perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Media pembelajaran berupa video dan platform interaktif Kahoot diintegrasikan ke dalam proses belajar mengajar untuk membuat pembelajaran lebih menarik dan interaktif. Data dikumpulkan melalui observasi, tes hasil belajar, serta angket respon siswa. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan signifikan pada nilai rata-rata siswa, khususnya pada siklus kedua dibandingkan dengan siklus pertama. Selain itu, partisipasi aktif siswa dalam pembelajaran meningkat secara substansial. Berdasarkan analisis angket, mayoritas siswa menyatakan bahwa penggunaan media pembelajaran ini membuat mereka lebih tertarik dan termotivasi dalam mempelajari trigonometri. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa kombinasi video dan Kahoot tidak hanya membantu siswa memahami konsep dengan lebih baik, tetapi juga menciptakan suasana pembelajaran yang menyenangkan dan interaktif. Strategi ini dapat menjadi alternatif yang efektif dalam meningkatkan kualitas pembelajaran matematika, khususnya pada materi trigonometri, dan mendorong partisipasi siswa secara aktif dalam proses pembelajaran

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

sigma

Publisher

Subject

Mathematics Other

Description

The aim of this journal is to publish research in mathematics education including teaching and learning, curriculum development, learning environments, teacher education, educational technology, and educational development from many kinds of research such as survey, research and development, ...