Kinerja pegawai merupakan salah satu faktor penting dalam mencapai keberhasilan organisasi atau lembaga. Untuk meningkatkan kinerja pegawai, implementasi tehnologi informasi sangat dibutuhkan dalam proses monitoring penyerapan anggaran karena proses monitoring penyerapan anggaran menggunakan data spreadsheet pada Lembaga keuangan akan memperlambat proses kerja para pihak yang berkepentingan dalam menyusun keputusan yang strategis terkait penyerapan anggaran. Penerapan sistem informasi akan mempercepat proses kerja pegawai dengan kuantitas dan kualitas kerja yang tinggi dalam melakukan monitoring penyerapan anggaran. Monitoring dilakukan untuk memantau proses pengawasan terhadap kemajuan penyerapan anggaran dan mengelola masalah serta memastikan bahwa tujuan kegiatan terpenenuhi. Metode pengembangan perangkat lunak dalam penelitian menggunakan model Rapid Application Development. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisasi dan memberikan solusi alternatif terkait proses sistem monitoring penyerapan anggaran untuk meningkatkan kinerja pegawai Lembaga. Hasil penelitian menunjukkan dengan adanya sistem informasi yang terintegrasi proses monitoring penyerapan anggaran akan mampu meningkatkan kinerja pegawai karena setiap divisi akan terhubung secara realtime.
Copyrights © 2024