Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui adanya pengaruh antara pola asuh grandparenting terhadap kemandirian belajar remaja di kota Makassar. Sampel yang digunakan pada penelitian ini berjumlah 413 siswa(i) yang bersekolah di SMA/SMP di kota Makassar, dengan rentang usia 11-18 tahun. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan dua skala yaitu Skala Kemandirian Belajar siap pakai oleh Sella (2020) dan Skala Grandparenting yang di konstrak oleh peneliti sendiri. Analisis data yang digunakan pada penelitian ini yaitu menggunakan Pearson Chi-Square dengan bantuan aplikasi IBM SPSS Statistic 25. Hasil analisis dalam penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat pengaruh positif antara pola asuh grandparenting terhadap kemandirian belajar remaja di kota Makassar dengan nilai korelasi (r) pada Grandparenting (Remote) sebesar 0.193, korelasi (r) pada Grandparenting (Companionate) sebesar 0.142, korelasi (r) pada Grandparenting (Involved) sebesar 0.133. Oleh karena itu, diketahui bahwa semakin tinggi Grandparenting yang dimiliki oleh kakek dan nenek maka Kemandirian Belajar anak juga akan semakin meningkat, dalam hal ini ialah Remaja di kota Makassar.
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2024