Jurnal Psikologi Karakter
Vol. 4 No. 2 (2024): Jurnal Psikologi Karakter, Desember 2024

Dampak Pola Asuh Grandparenting terhadap Kemandirian Belajar Remaja di Kota Makassar

Shinta Aisyah Hasyim (Fakultas Psikologi Universitas Bosowa)
Muh. Fitrah Ramadhan Umar (Fakultas Psikologi Universitas Bosowa)
Tarmizi Thalib (Brain and Mental Health Study Center, Universitas Bosowa)



Article Info

Publish Date
31 Dec 2024

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui adanya pengaruh antara pola asuh grandparenting terhadap kemandirian belajar remaja di kota Makassar. Sampel yang digunakan pada penelitian ini berjumlah 413 siswa(i) yang bersekolah di SMA/SMP di kota Makassar, dengan rentang usia 11-18 tahun. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan dua skala yaitu Skala Kemandirian Belajar siap pakai oleh Sella (2020) dan Skala Grandparenting yang di konstrak oleh peneliti sendiri. Analisis data yang digunakan pada penelitian ini yaitu menggunakan Pearson Chi-Square dengan bantuan aplikasi IBM SPSS Statistic 25. Hasil analisis dalam penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat pengaruh positif antara pola asuh grandparenting terhadap kemandirian belajar remaja di kota Makassar dengan nilai korelasi (r) pada Grandparenting (Remote) sebesar 0.193, korelasi (r) pada Grandparenting (Companionate) sebesar 0.142, korelasi (r) pada Grandparenting (Involved) sebesar 0.133. Oleh karena itu, diketahui bahwa semakin tinggi Grandparenting yang dimiliki oleh kakek dan nenek maka Kemandirian Belajar anak juga akan semakin meningkat, dalam hal ini ialah Remaja di kota Makassar.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

jpk

Publisher

Subject

Humanities Social Sciences

Description

Jurnal Psikologi Karakter menerbitkan artikel yang pada bidang Psikologi Klinis, Psikologi Industri dan Organisasi, Psikologi Pendidikan, Psikologi Perkembangan, Psikologi Sosial dan lain-lain. Bagi penulis yang memiliki artikel pada bidang ini dapat disesuaikan dengan panduan penulisan dan template ...