Jurnal Psikologi Karakter
Vol. 4 No. 1 (2024): Jurnal Psikologi Karakter, Juni 2024

Pengaruh Komunikasi Interpersonal Terhadap Consumer Satisfaction Pelanggan Rumah Makan Buguri: Fakultas Psikologi Universitas Bosowa

Muhammad Arif Wira Wicaksana (Fakultas Psikologi Universitas Bosowa)
Muhammad Fitrah Ramadhan Umar (Fakultas Psikologi Universitas Bosowa)
Nurhikmah Nurhikmah (Fakultas Psikologi Universitas Bosowa)



Article Info

Publish Date
30 Jun 2024

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menemukan apakah ada pengaruh komunikasi interpersonal terhadap consumer satisfaction pada pelanggan Rumah Makan Buguri yang ada di Kota Makassar. Sampel pada penelitian ini sebanyak 399 responden, dimana populasi dalam penelitian ini pelanggan yang sedang mengunjungi Rumah Makan Buguri yang ada di Kota Makassar.pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan jenis instrumen berupa angket yang berisi dua skala, yaitu skala komunikasi interpersonal ditinjau menggunakan teori DeVito (2011) dan skala consumer satisfaction ditinjau menggunakan teori Kotler (2018) yang masing-masing dikonstruk oleh peneliti. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan teknik analisis regresi sederhana. Hasil temuan peneliti pada analisis data penelitian menunjukkan bahwa terdapat pengaruh komunikasi interpersonal terhadap consumer satisfaction pelanggan Rumah Makan Buguri di Kota Makassar dengan nilai kontribusi sebesar 24,2% (p=<0.05) dengan arah positif. Semakin tinggi komunikasi interpersonal maka semakin tinggi pula consumer satisfaction pelanggan Rumah Makan Buguri di Kota Makassar.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

jpk

Publisher

Subject

Humanities Social Sciences

Description

Jurnal Psikologi Karakter menerbitkan artikel yang pada bidang Psikologi Klinis, Psikologi Industri dan Organisasi, Psikologi Pendidikan, Psikologi Perkembangan, Psikologi Sosial dan lain-lain. Bagi penulis yang memiliki artikel pada bidang ini dapat disesuaikan dengan panduan penulisan dan template ...