Perencanaan strategis sistem informasi (SI) menjadi elemen penting bagi institusi pendidikan dalam menghadapi transformasi digital. Metode Ward dan Peppard menyediakan kerangka kerja yang sistematis untuk menyelaraskan SI dengan tujuan strategis organisasi. Namun, penelitian tentang penerapan metode ini di sektor pendidikan Indonesia masih terbatas. Artikel ini menggunakan metodologi systematic mapping study untuk mengkaji 14 artikel yang relevan. Studi ini mengevaluasi alat analisis dalam metode Ward dan Peppard serta mengidentifikasi kesenjangan dan tantangan dalam implementasinya di institusi pendidikan. Alat analisis seperti SWOT, Value Chain, dan McFarlan’s Strategic Grid digunakan untuk memahami kebutuhan strategis, mendukung efisiensi operasional, dan memprioritaskan aplikasi SI. Namun, tantangan utama meliputi kurangnya integrasi sistem, keterbatasan infrastruktur teknologi, resistensi terhadap perubahan, serta kesenjangan dalam penyelarasan strategi SI dengan visi organisasi. Hasil kajian menunjukkan bahwa model Ward dan Peppard efektif dalam mendukung perencanaan strategis SI, meskipun penerapannya memerlukan pendekatan yang lebih holistik. Studi ini menawarkan panduan praktis bagi institusi pendidikan untuk mengoptimalkan SI dalam mendukung transformasi digital. Penelitian selanjutnya dapat mengeksplorasi adaptasi alat analisis untuk mendukung digitalisasi yang lebih luas dan beragam.
Copyrights © 2025