Latar belakang: Pelayanan kesehatan di Poli Kesehatan Ibu dan Anak Puskesmas X Demak belum memenuhi harapan masyarakat. Tujuan: Penelitian untuk menganalisis kualitas pelayanan kesehatan terhadap survei kepuasan masyarakat. Metode: Penelitian kuantitatif analitik dengan cross sectional. Jumlah sampel 100 responden dipilih secara accidental sampling. Pengumpulan data menggunakan pedoman survei kepuasan masyarakat yang terdiri dari sembilan indikator. Uji korelasi menggunakan Pearson Product Moment. Hasil: Tidak ada hubungan antara kualitas pelayanan berdasarkan dimensi tangibles terhadap survei kepuasan masyarakat dengan nilai sig. 0,053 > 0,05. Ada hubungan antara kualitas pelayanan berdasarkan dimensi reliability terhadap survei kepuasan masyarakat dengan nilai sig. 0,000> 0,05. Ada hubungan antara kualitas pelayanan berdasarkan dimensi responsiveness terhadap survei kepuasan masyarakat dengan nilai sig. 0,000> 0,05. Ada hubungan antara kualitas pelayanan berdasarkan dimensi assurance terhadap survei kepuasan masyarakat dengan nilai sig. 0,000 > 0,05. Ada hubungan antara kualitas pelayanan berdasarkan dimensi empathy terhadap survei kepuasan masyarakat dengan nilai sig. 0,000 > 0,05. Simpulan dan saran: Tingkat kualitas pelayanan kesehatan terhadap survei kepuasan masyarakat yang diberikan berada pada kategori “Baik” dengan jumlah nilai konversi sembilan indikator survei kepuasan masyarakat adalah 65,75. Perlu diadakan survei indeks survei kepuasan masyarakat secara berkala di Puskesmas X Demak Kabupaten Demak
Copyrights © 2023