Daya Saing : Jurnal Ilmu Manajemen
Vol. 10 No. 3 (2024)

KONSEPSI BISNIS RUMAH KOST DALAM PERSPEKTIF HUKUM EKONOMI SYARIAH

Herlina, Herlina (Unknown)
Hidayani, Hidayani (Unknown)



Article Info

Publish Date
26 Nov 2024

Abstract

Bisnis kost identik dengan jenis usaha yang beresiko karena berkaitan dengan interaksi sehari-hari dengan orang-orang dari berbagai kebiasaan dan tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan perkembangan usaha rumah kost yang berlandaskan Syariah Islam dan memenuhi ketentuan Hukum Ekonomi Syariah. Pengukuran dan analisis data penelitian bersifat kualitatif, dengan tingkat penjelasan deskriptif. Jenis dan strategi penelitiannya termasuk studi kasus dan tergolong field research. Teknik pengumpulan dan analisis data menggunakan participant observer dan in depth interview serta dokumen Hasil penelitian menemukan konsep bisnis kost yang berkualitas dan sesuai dengan kaidah dan prinsip hukum ekonomi Islam. Penyelenggaraan usaha kost yang berorientasi pada tujuan dunia dan akhirat diawali dengan kejujuran, amanah, tanggung jawab dan konsekuensi antara pemilik dan pengguna kost. Penetapan kedisiplinan menurut ketentuan syariat Islam harus dilakukan dengan baik dan benar oleh kedua belah pihak tanpa terkecuali, berupa pelaksanaan berba gai aturan yang telah ditetapkan oleh pemilik kost, antara lain kedisiplinan waktu berkunjung, pembatasan orang yang berkunjung, toleransi terhadap kebersamaan, fasilitas, saling membantu dalam kesulitan atau menjadikan lingkungan sekitar kost bersifat kekeluargaan, berkoordinasi dalam berbagai kegiatan di luar kebiasaan dan saling mendukung dalam setiap kegiatan positif. Kesimpulan penelitian adalah harus adanya ketentuan dan aturan syariat Islam yang mengikat dalam bisnis kost. Kata Kunci: Usaha Beresiko, Syariat Islam, Fasilitas, Ketentuan.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

dayasaing

Publisher

Subject

Decision Sciences, Operations Research & Management Other

Description

Jurnal Daya Saing (Online ISSN: 2541-4356 | Print ISSN : 2407-800X) published by Komunitas Manajemen Kompetitif. This journal published thrice in February, June and October. It contain the articles such as scientific papers (research and non-research), analytical studies, theoretical applications ...