Perkembangan teknologi digital saat ini telah mengubah cara komunikasi masyarakat, salah satunya dalam bidang dakwah Islam. Di era digital saat ini media sosial menjadi salah satu platform utama dalam penyampaian pesan keagamaan secara lebih luas dan interaktif. Artikel ini bertujuan untuk mengkaji peran media sosial sebagai sarana dakwah interaktif dalam membangun dialog dan silaturahmi di era digital. Media yang dianggap paling efektif untuk sarana berdakwah adalah media sosial. Dengan adanya platform seperti Instagram, Facebook, Tiktok, Youtobe bukan hanya sebagai sarana hiburan dan komunikasi, namun dengan adanya berbagai fitur interaktif yang ditawarkan seperti live streaming, grup diskusi, kolom komentar memungkinkan adanya komunikasi dua arah antara da'I dan audiens. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengidentifikasi dan menganalisis strategi dakwah interaktif melalui platform media sosial dalam membangun dialog dan silaturahmi di khalayak luas. Berdasarkan hasil penelitian analisis konten media sosial menunjukkan bahwa para da'I yang diteliti umumnya menggunakan jenis konten, termasuk video ceramah, kutipan inspiratif, dan sesi tanya jawab langsung melalui komentar. Metode penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan penelitian kepustakaan atau studi literatur. Data dikumpulkan melalui pencarian dan seleksi jurnal-jurnal ilmiah yang relevan dengan tema penelitian, serta analis konten media sosial dari beberapa da'I yang aktif berdakwah di media sosial.
Copyrights © 2024