Penelitian ini memiliki latar belakang berupa masih kurangnya dasar dasar keahlian (skill) menggambar arsitektur pada mahasiswa arsitektur tingkat pertama, sementara pada tingkat selanjutnya diperlukan kemampuan tersebut. Dengan melalui penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan mamahami permasalahan permasalahan inti pada obyek penelitian tersebut dan kemudian mencari strategi untuk mengembangkan skill dan motivasi mahasiswa dalam hal di atas. Dalam prosesnya pembelajaran terbagi menjadi 2 yakni pembelajaran di kelas dan di luar kelas (outdoor learning). Adapun penelitian ini menggunakan metoda mix method yakni menggabungkan penelitian kuantitatif dan kualitatif, dengan melihat hasil belajar dan persepsi peserta didik dan menganalisisnya guna dapat melakukan refleksi evaluasi dari proses pembelajaran yang telah dilakukan. Dari hasil penelitian didapatkan bahwa terjadi peningkatan hasil belajar yakni menjadi 80% dalam kondisi baik dari hasil pretest awal dimana hanya 15% yang kondisinya baik. Kemudian persepsi mahasiswa yakni pada angka 8,43 pada skala 9 terhadap proses belajar yang telah mereka terima.
Copyrights © 2024