Jurnal Pendidikan dan Perhotelan
Vol. 4 No. 2 (2024): JURNAL PENDIDIKAN DAN PERHOTELAN

PENGARUH MOTIVASI BELAJAR TERHADAP STUDENT ENGAGEMENT SISWA PADA MATA PELAJARAN FRONT OFFICE DI SMK

Raihan, Vico Athallah (Unknown)
Elmanora (Unknown)
Jaka Marsita (Unknown)



Article Info

Publish Date
29 Nov 2024

Abstract

Motivasi belajar yang kuat dapat meningkatkan student engagement dalam mata pelajaran Front Office. Misalnya, siswa yang memiliki orientasi tujuan intrinsik akan merasa lebih tertarik dan antusias mempelajari prosedur pelayanan pelanggan karena minat pribadi. Sebaliknya, siswa dengan orientasi tujuan ekstrinsik mungkin terdorong untuk lebih aktif belajar demi mendapatkan nilai tinggi, penghargaan atau pengakuan dari orang lain. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh motivasi belajar terhadap student engagement siswa pada mata pelajaran front office di smk. Metode penelitian menggunakan pendekatan kuantitatif asosiatif dan pengambilan data pada bulan Juni 2024. Penelitian dilakukan dengan menyebar kuesioner menggunakan Google Form. Sampel penelitian dipilih menggunakan teknik purposive sampling dengan jumlah responden sebanyak 100 siswa yang mempelajari mata pelajaran front office. Hasil uji regresi menunjukkan bahwa motivasi belajar berpengaruh signifikan terhadap student engagement siswa (p-value = 0,000 < 0,05). Penelitian ini menunjukkan bahwa semakin tinggi motivasi belajar siswa maka semakin tinggi pula student engagementnya dan sebaliknya jika motivasi belajar siswa rendah maka semakin rendah pula student engagementnya

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

jpp

Publisher

Subject

Social Sciences Other

Description

JPP (Jurnal Pendidikan dan Perhotelan) is a journal published by the Family Welfare Education Study Program, Faculty of Engineering, Universitas Negeri Jakarta. JPP is a scientific journal that contains the results of research on studies in the field of hospitality education in terms of aspects ...