INSAN Jurnal Psikologi dan Kesehatan Mental
Vol 1 No 1 (2016): INSAN Jurnal Psikologi dan Kesehatan Mental

Pengaruh Psikoedukasi tentang Pengetahuan ADHD terhadap Kemampuan Guru dalam Melakukan Deteksi Dini Masalah ADHD pada Siswa dan Keterampilan Intervensi Kelas

Ana Karunia (Departemen Psikologi Klinis dan Kesehatan Mental, Fakultas Psikologi Universitas Airlangga)
Ika Nur Cahyanti (Departemen Psikologi Klinis dan Kesehatan Mental, Fakultas Psikologi Universitas Airlangga)



Article Info

Publish Date
30 Jun 2016

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh psikoedukasi terhadap kemampuan guru dalam melakukan deteksi dini masalah ADHD pada siswa dan keterampilan intervensi kelas. Desain penelitian ini adalah eksperimen kuasi dengan dua kelompok partisipan, kelompok eksperimen dan kelompok kontrol. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan Evaluasi Kemampuan Deteksi Dini ADHD dan Evaluasi Keterampilan Intervensi Kelas. Teknik analisis data menggunakan independent sample t-test. Hasil penelitian ini adalah psikoedukasi tentang pengetahuan ADHD berpengaruh secara signifikan terhadap kemampuan guru melakukan deteksi dini masalah ADHD pada siswa (p<0.05). Penelitian ini juga membuktikan bahwa psikoedukasi tentang pengetahuan ADHD berpengaruh secara signifikan terhadap ketrampilan guru melakukan intervensi kelas (p<0.05). Kesimpulan dari penelitian ini adalah psikoedukasi mengenai ADHD terbukti berpengaruh secara signifikan terhadap kemampuan guru melakukan deteksi dini masalah ADHD pada siswa dan keterampilan intervensi kelas.

Copyrights © 2016






Journal Info

Abbrev

INSAN

Publisher

Subject

Health Professions Public Health

Description

INSAN Jurnal Psikologi dan Kesehatan Mental adalah terbitan berkala yang menyajikan kajian empirik, kajian teoritik dan ulasan buku yang berkaitan dengan isu-isu terkini dalam kajian psikologi dan kesehatan mental. INSAN Jurnal Psikologi dan Kesehatan Mental awalnya bernama INSAN Media Psikologi. ...