Pengajaran matematika perlu dirancang untuk membantu siswa mengembangkan keterampilan matematika seperti kemampuan memahami, berkomunikasi, membuat koneksi, menalar, dan memecahkan masalah matematika. Keterampilan ini penting agar siswa dapat menerapkan dan menggunakan informasi matematika dalam kehidupan sehari-hari, yang sejalan dengan kemampuan literasi matematis. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan kemampuan literasi matematis yang dimiliki oleh siswa kelas VII melalui model discovery learning dengan pendekatan RME. Metode penelitian yang digunakan adalah metode deskriptif. Subjek penelitian melibatkan 25 siswa kelas VII. Teknik pengumpulan data meliputi observasi dan instrumen tes berupa 3 soal uraian mengenai kemampuan literasi matematis. Tiga indikator kemampuan matematika yang digunakan dalam penelitian ini adalah: 1) formulasi, 2) penerapan, dan 3) interpretasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa siswa dengan kategori tinggi memiliki kemampuan yang lebih baik dibandingkan siswa dengan kategori sedang. Perbedaannya terletak pada kemampuan siswa dalam menuliskan jawaban tertulis berdasarkan masalah yang diberikan serta kecepatan siswa dalam mengerjakan dan memahami permasalahan tersebut.
Copyrights © 2024