PHI: Jurnal Pendidikan Matematika
Vol 8, No 2 (2024): Oktober, 2024

ANALISIS KECEMASAN MATEMATIS SISWA DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA SMP

Sari, Maylina Primusti (Unknown)
Abadi, Agung Prasetyo (Unknown)



Article Info

Publish Date
08 Oct 2024

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui tingkat kecemasan matematis siswa SMP ketika pembelajaran matematika. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan teknik pengumpulan data berupa angket kecemasan matematis. Populasi dalam penelitian ini adalah 35 siswa kelas VIII.B SMP Negeri 26 Kota Bekasi. Data diperoleh dari para siswa yang mengisi angket kecemasan matematis untuk mengidentifikasi kategori kecemasan matematis siswa. Dari penelitian ditemukan peserta didik dengan kecemasan matematis kategori rendah 2,86%; kategori sedang 62,86%; dan kategori tinggi 34,29%. Maka dapat disimpulkan bahwa kecemasan matematis siswa SMPN. 26 Kota Bekasi dalam pembelajaran matematika tergolong sedang. Siswa dengan tingkat kecemasan matematis tinggi memenuhi 3 indikator, kemudian siswa dengan tingkat kecemasan matematis sedang memenuhi 1 indikator, dan siswa dengan tingkat kecemasan matematis rendah tidak memenuhi ketiga indikator.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

phi

Publisher

Subject

Mathematics

Description

PHI: Jurnal Pendidikan Matematika is an open access peer-reviewed journal that aims to share and discuss issues and research results. This journal is published by Mathematics Education Program Study, Batanghari University. This journal publishes scientific articles on research results and reviews ...