Perkembangan inovasi teknologi pada era saat ini berkembang cukup pesat yang secara tidak langsung menuntut proses bisnis untuk dapat beradaptasi. Landasan teori pada penelitian ini yaitu menggunakan Technology Acceptance Model, TAM dinilai erat kaitannya dengan penelitian ini karena TAM berfokus pada penerimaan teknologi pada pengguna. Penelitian ini bertujuan untuk memberikan gambaran proses bisnis layanan informasi biaya dan tagihan rawat inap serta merancang desain konseptual sistem chatbot atas layanan informasi biaya dan tagihan rawat inap Rumah Sakit Ukrida. Metode penelitian yang digunakan yaitu pendekatan kualitatif dengan studi kasus sebagai desain utama. Data dikumpulkan melalui wawancara dan analisis dokumen yang diperoleh dari Rumah Sakit Ukrida. Hasil penelitian menunjukkan proses bisnis layanan informasi biaya dan tagihan rawat inap di Rumah Sakit Ukrida yang berjalan saat ini sudah cukup baik dan beberapa kelemahan yang ada saat ini adalah layanan yang kurang efisien karena masih berbasis manual. Beberapa masukan untuk mengatasi kelemahan-kelemahan tersebut yaitu adanya integrasi data dan adanya chatbot.
Copyrights © 2024