Jalan raya merupakan salah satu sarana transportasi darat yang mempunyai peranan penting untuk kehidupan manusia. Untuk memudahkan mobilitas masyarakat sehingga dapat memberikan pelayanan yang baik sesuai dengan kapasitas yang diperlukan, bila terjadi kerusakan jalan maka akan terhalang kegiatan masyarakat sehingga menyebabkan terjadinya kecelakaan. Kondisi permukaan jalan beton pada ruas jalan Kulinjang–Tungka terdapat beberapa kerusakan, baik kerusakan ringan maupun berat. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui jenis-jenis kerusakan yang terdapat pada jalan beton, menganalisis perbandingan hasil pengolahan data menggunakan metode PCI dan Bina Marga dan jenis penanganan yang tepat terhadap kerusakan. Metode penelitian yang digunakan untuk menganalisis kerusakn pada ruas jalan raya Kulinjang–Tungka adalah metode Bina Marga dan PCI. Dari hasil analisis data maka didapatkan jenis-jenis kerusakan yang ditemukan pada ruas jalan raya Kulinjang–Tungka adalah retak memanjang, retak melintang, retak tak beraturan, retak balok, retak sudut, amblas, gompal dan lepas agregat. Hasil analisa rata-rata dari metode Bina Marga untuk ruas jalan beton Kulinjang–Tungka adalah 7.5, dimana hasil ini menunjukkan bahwa jalan ini termasuk kategori program pemeliharaan rutin. Sedangkan untuk hasil analisa rata-rata metode PCI pada jalan Kulinjang–Tungka didapatkan 53.83, dimana hasil ini menunjukkan jalan ini tergolong dalam klarifikasi jalan cukup (fair) sehingga perlu suatu penanganan serius dari pemerintah untuk segera melakukan perbaikan sebelum kerusakan menjadi lebih parah.
Copyrights © 2024