Penelitian ini merupakan penelitian kuasi eksperimen dengan menggunakan desain non-equivalent control group design. Seluruh siswa kelas VIII SMP Muhammadiyah Kuok tahun ajaran 2022/2023 yang mengikuti penelitian ini. Sampel penelitian ini terdiri dari Kelas VIII 1 dan Kelas VIII 2, dimana Kelas VIII 1 sebagai kelas kontrol dan Kelas VIII 2 sebagai kelas eksperimen. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah pembelajaran Connected Mathematics Project berpengaruh terhadap pemahaman konsep matematika siswa kelas VIII SMP Muhammadiyah Kuok. Berdasarkan hasil analisis data dengan menggunakan uji-t diperoleh thitung = 5,328 sedangkan nilai pada tabel adalah 0,870 pada taraf signifikansi 5%. Hal ini membuktikan bahwa t hitung ttabel karena 5,328 0,870, sehingga H0 ditolak dan H1 diterima. Berdasarkan analisis data dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh antara pemahaman konsep matematika siswa dengan menggunakan model pembelajaran Connected Mathematics Project dan pemahaman konsep matematika siswa dengan pembelajaran tradisional kelas VIII SMP Muhammadiyah Kuok.
Copyrights © 2024