Demi mengetahui peningkatan kemampuan membaca permulaan peserta didik kelas satu di SD N 2 Mantingan melalui media kartu huruf merupakan tujuan dari penelitian ini. Desain eksperimen pretest-posttest kelompok tunggal dan teknik kuantitatif ialah penelitian yang diterapkan. Terdiri dari 31 peserta didik kelas satu yang mengikuti proses penelitian dalam populasi. Tes diberikan sebagai bagian dari dua perlakuan yaitu pretest, yang diberikan sebelum terapi (treatment) dimulai, dan posttest yang diberikan sebagai tes terakhir setelah terapi. Sementara nilai rata-rata posttest peserta didik, yang diberikan setelah terapi, adalah 88, yang menunjukkan bahwa nilai tersebut telah melampaui batas minimal 75, nilai rata-rata 58 peserta didik dalam pretest menunjukkan bahwa nilai tersebut belum mencapai batas minimal 75. Dapat dipastikan apakah nilai pretest dan posttest meningkat. Data untuk penelitian ini dikumpulkan dengan menggunakan alat ujian lisan tujuh pertanyaan. Berdasarkan hasil penelitian, uji t berpasangan menghasilkan hasil <,001 < 0,005 yang menunjukkan bahwa pengaruh yang signifikan terhadap kemampuan membaca permulaan diberikan kepada peserta didik kelas 1 SDN 2 Mantingan melalui media kartu huruf. Ho ditolak dan Ha diterima karena <,001 kurang dari 0,005. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa media kartu huruf dapat membantu siswa kelas 1 SDN 2 Mantingan dalam mengembangkan keterampilan membaca.
Copyrights © 2024