Jurnal Informatika dan Teknik Elektro Terapan
Vol 13, No 1 (2025)

PENGARUH TRANSFORMASI DIGITAL TERHADAP PENGAJARAN BERBASIS PRAKTIK DI PENDIDIKAN VOKASI

Khoirunnisa, Nabila (Unknown)
Hidayat, Jenal (Unknown)
Saefullah, M. Zais (Unknown)
Wardoyo, Siswo (Unknown)



Article Info

Publish Date
20 Jan 2025

Abstract

Abstract— Digital transformation has significantly impacted vocational education, particularly in practice-based teaching. This study aims to explore the effects of digital technology on teaching methods and the challenges faced by vocational education institutions. Using a content analysis approach on relevant journal articles, the findings reveal that technologies such as virtual simulations, cloud-based laboratories, and video-assisted learning enhance the flexibility and effectiveness of the learning process. These technologies enable students to access materials anytime and anywhere while supporting instructors in designing more interactive and participatory teaching methods.However, the implementation of digital transformation faces various challenges, including limited technological infrastructure and a lack of educator competence. This study also highlights the importance of investment in digital infrastructure, intensive training for instructors, and the integration of technology into vocational education curricula. These findings provide significant contributions to the development of vocational education that is adaptive to the demands of the workforce in the Industry 4.0 era, producing graduates who not only possess technical skills but can also adapt dynamically to technological changes.Keywords: Digital transformation, vocational education, practice-based teaching, digital technology, Industry 4.0Abstrak— Transformasi digital telah membawa perubahan signifikan dalam pendidikan vokasi, khususnya dalam pengajaran berbasis praktik. Penelitian ini bertujuan untuk mengeksplorasi dampak teknologi digital terhadap metode pengajaran dan tantangan yang dihadapi institusi pendidikan vokasi. Dengan menggunakan pendekatan analisis isi terhadap sejumlah artikel jurnal relevan, ditemukan bahwa penggunaan teknologi seperti simulasi virtual, laboratorium berbasis cloud, dan pembelajaran berbantuan video mampu meningkatkan fleksibilitas serta efektivitas proses pembelajaran. Teknologi ini memungkinkan mahasiswa untuk mengakses materi kapan saja dan di mana saja, sekaligus mendukung dosen dalam merancang pengajaran yang lebih interaktif dan partisipatif.Meskipun demikian, implementasi transformasi digital menghadapi berbagai tantangan, termasuk keterbatasan infrastruktur teknologi dan kurangnya kompetensi tenaga pengajar. Penelitian ini juga menyoroti pentingnya investasi dalam infrastruktur digital, pelatihan intensif bagi dosen, serta integrasi teknologi dalam kurikulum pendidikan vokasi. Hasil penelitian ini memberikan kontribusi penting bagi pengembangan pendidikan vokasi yang adaptif terhadap kebutuhan dunia kerja di era industri 4.0, dengan menciptakan lulusan yang tidak hanya memiliki keterampilan teknis, tetapi juga mampu beradaptasi dengan perubahan teknologi secara dinamis.Kata kunci: Transformasi digital, pendidikan vokasi, pengajaran berbasis praktik, teknologi digital, industri 4.0

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

jitet

Publisher

Subject

Computer Science & IT

Description

Jurnal Informatika dan Teknik Elektro Terapan (JITET) merupakan jurnal nasional yang dikelola oleh Jurusan Teknik Elektro Fakultas Teknik (FT), Universitas Lampung (Unila), sejak tahun 2013. JITET memuat artikel hasil-hasil penelitian di bidang Informatika dan Teknik Elektro. JITET berkomitmen untuk ...