Abstrak. Penelitian ini berfokus pada analisis sentimen ulasan pengguna aplikasi CapCut yang tersedia di Google Play Store dengan menerapkan model Naïve Bayes dan K-Nearest Neighbors (KNN). Tujuan utama penelitian ini adalah untuk mengevaluasi bagaimana pengruh variasi rasio pembagian data latih dan uji terhadap kinerja kedua metode dalam analisis sentimen, serta membandingkan keduanya berdasarkan akurasi, presisi, recall dan f1 score. Menggunakan sembilan rasio pembagian data, ditemukan bahwa rasio 80:20 memberikan kinerja terbaik untuk kedua metode. Naïve Bayes mengungguli KNN dengan akurasi 79.41% dibanding 75.63%. Rasio 50:50 memberikan presisi terbaik untuk kedua metode. Secara keseluruhan, Naïve Bayes menunjukkan performa lebih baik, terutama pada rasio 80:20, menjadikannya pilihan yang lebih tepat untuk analisis sentimen aplikasi CapCut.
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2024